Main Article Content

Abstract

Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Terhadap Kemampuan Membaca Manual Book Alat Laboratorium Pada Mahasiswa Akademi Analis Kesehatan Borneo Lestari


Vebruati(1), Putri Meranti Yasida Oktavia(1)


Akademi Kesehatan Borneo Lestari Banjarbaru
Jl. Kelapa Sawit 8 Bumi Berkat No.1
Telp. (0511) 7672224 Banjarbaru, Kalimantan Selatan 70714
Email : vebruatisugeng@yahoo.com



ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya motivasi pembelajaran Bahasa Inggris. Persentase kemampuan membaca manual book alat laboratorium. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis varians satu jalur dan analisis kovarian (Anakova) 1 jalur dengan uji-F. Penelitian ini termasuk jenis penelitian yang bersifat deskriptif, yaitu menggambarkan suatu objek atau deskripsi tentang suatu keadaan secara objektif. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cross Sectional, yaitu suatu penelitian dimana pengamatan dan penelitian di lakukan pada waktu yang sama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Akademi Analis Kesehatan Borneo Lestari. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan sampel adalah teknik random sampling. Hasilnya menunjukkan bahwa: Kemampuan membaca akan menjadi optimal kalau ada motivasi. Makin tepat motivasi yang diberikan, akan makin berhasil pula pelajaran itu. Jadi, motivasi akan senantiasa menentukan intensitas usaha belajar bagi para siswa. Perlu ditegaskan bahwa motivasi bertalian dengan suatu tujuan.

Kata kunci : motivasi belajar, kemampuan membaca, manual book



(1) Akademi Analis Kesehatan Borneo Lestari Banjarbaru

Article Details