Main Article Content

Abstract

Latar belakang : Penggunaan obat tanpa pengawasan medis yang sesuai menunjukkan angka yang relatif tinggi. Hal ini dapat memicu munculnya efek samping yang tidak diinginkan, yang terjadi oleh kurangnya pemahamanmengenai cara penggunaan obat yang benar, efek samping yang mungkin timbul,serta cara penyimpanan dan pembuangan obat yang aman.Tujuan: Penelitian inibertujuan untuk menilai pengaruh tingkat pengetahuan masyarakat sertaefektivitas edukasi mengenai DAGUSIBU obat antibiotik melalui media videoanimasi dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat di Kelurahan Sungai Besar.Metode: Penelitian ini bersifat non-eksperimental dengan menggunakan desainone group pretest-posttest. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang terdiridari 10 pertanyaan terkait DAGUSIBU obat antibiotik. Sampel terdiri dari 100 responden yang dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang telahditetapkan.. Hasil : Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah edukasi mengenai DAGUSIBU antibiotik. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000,yang menandakan adanya perbedaan yang signifikan. Kesimpulan: Terdapatpeningkatan pengetahuan yang signifikan pada masyarakat Kelurahan SungaiBesar setelah diberikan edukasi tentang DAGUSIBU antibiotik melalui media video animasi.

Keywords

Knowlegde antibiotic animated video DAGUSIBU

Article Details

Author Biographies

Syahrizal Ramadhani, Universitas Borneo Lestari

Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker, Fakultas Farmasi, Universitas Borneo Lestari Banjarbaru, Indonesia

Sari Wahyunita, Universitas Borneo Lestari

Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker, Fakultas Farmasi, Universitas Borneo Lestari Banjarbaru, Indonesia
How to Cite
Beti Anggriani, Ramadhani, S., & Wahyunita, S. (2025). Pengaruh Edukasi DAGUSIBU Obat Antibiotik Melalui Media Video Animasi Terhadap Pengetahuan Masyarakat Di Kelurahan Sungai Besar. Banua Pharmaceuticals Journal, 1(01), 28-34. Retrieved from https://jurnalstikesborneolestari.ac.id/index.php/BPharmJ/article/view/724