Main Article Content
Abstract
Persaingan apotek semakin sengit, termasuk bagi Apotek Al-Ghaniyyah Medica Sekumpul yang berlokasi di antara dua apotek yang sudah lebih dikenal oleh masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan strategi bauran pemasaran yang efektif meliputi produk, harga, tempat, dan promosi untuk mempertahankan keunggulan kompetitif dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli ulang konsumen. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain deskriptif analitik, penelitian ini melibatkan 100 responden terpilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner skala Likert dan dianalisis melalui regresi linear. Hasil analisis menunjukkan secara simultan, seluruh aspek dalam bauran pemasaran memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keinginan konsumen untuk membeli ulang. Namun, ketika diuji secara terpisah, hanya produk dan harga yang berkontribusi secara signifikan, sedangkan tempat dan promosi tidak. Sementara itu, nilai R² sebesar 0,198 menunjukkan bahwa kontribusi bauran pemasaran terhadap variabel minat beli ulang sebesar 19,8%. Minat beli ulang konsumen di Apotek Al-Ghaniyya Medica Sekumpul tergolong tinggi. Faktor yang paling mempengaruhi loyalitas pelanggan adalah kualitas prodk dan strategi harga yang tepat.
Keywords
Marketing mix
Products
Prices
Places
Promotions
Repurchase interest
Pharmacies
Article Details
How to Cite
Hartini, R. A., Fitriah, R., & Rahmadina, A. (2025). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen di Apotek Al-Ghaniyyah Medica Sekumpul. Banua Pharmaceuticals Journal, 1(01), 14-19. Retrieved from https://jurnalstikesborneolestari.ac.id/index.php/BPharmJ/article/view/700