Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penyakit infeksi kecacingan ini masih merupakan problema kesehatan dan ekonomi yang utama pada masyarakat, pekerja maupun individu. Berdasarkan hasil survei, sekolah yang menjadi objek tidak tersedia fasilitas cuci tangan, kantin sehingga anak-anak jajan sembarangan dan sebagian anak tidak menggunakan alas kaki saat bermain dihalaman yang kotor. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran infeksi kecacingan nematoda usus Soil Transmitted Helminths (STH) pada anak SDN Sungai Lulut 6 Kecamatan Banjarmasin Timur tahun 2015. Penelitian ini bersifat survei deskriptif yaitu suatu metode penelitian hanya bertujuan menggambarkan suatu keadaan yang diamati. Populasi berjumlah 159 siswa, sampel berjumlah 110 siswa. Pemeriksaan dilakukan secara langsung dengan pewarnaan eosin 1 % dan lugol. Pengolahan data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yang didapat siswa yang terinfeksi Enterobius vermicularis nematoda usus sebanyak 1 siswa (0,9%) dan didapat infeksi Hymenolepis diminuta cestoda usus sebanyak 1 siswa (0,9%), sedangkan yang tidak terinfeksi sebnyak 108 siswa (97,2%). Berdasarkan penelitian ini disarankan bagi puskesmas setempat perlunya diadakannya penyuluhan dan himbauan tentang cara hidup bersih dan sehat pada masyarakat sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi kecacingan, dan bagi pihak sekolah perlunya memberikan pengetahuan tentang personal higiene kepada anak-anak dan perlunya melengkapi sarana dan prasarana yang berhubungan dengan kesehatan.

Kata kunci : kecacingan, Nematoda usus

Article Details

References

  1. Chadijah, S., Phetisya, PFs., Ni, NV. 2014. Hubungan Pengetahuan, Prilaku, Dan Sanitasi Lingkungan Dengan Angka Kecacingan Pada Anak Sekolah Dasar di Kota Palu. Media Litbangkes Vol 24. 50-56.
  2. Direktorrat Jenderal PP&PL Kemenkes RI. 2013. Profil Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Tahun 2012. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.
  3. Ginting, A. 2009. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kecacingan Pada Anak Sekolah Dasar Di Desa Tertinggal Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir Tahun 2008. Skripsi. Medan : Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Sumatera Utara.
  4. Jaya. IK., Romadilah. 2013. Hubungan Infeksi Kecacingan Dan Personal Higiene Dengan Kadar Hemoglobin (Hb) Siswi SDN 51 Cakranegara Kota Mataram Tahun 2013. Mataram. Politeknik Kesehatan Kemenkes.
  5. Lutfianti, 2008. Faktor-Faktor Apa Saja Yang Berhubungan Dengan Perilaku Mencuci Tangan Memakai Sabun Pada Siswa-Siswi Kelas 3, 4 dan 5 MI AL Istiqomah Dan SDN Kedaung Wetan Baru 2, Kedaung Wetan, Tanggerang. Tanggerang. FKMUI.
  6. Pertiwi, AC., Ruslan, LA., Makmur, S. 2013. Analisis Faktor Praktik Hygiene Perorangan Terhadap Kejadian Kecacingan Pada Murid Sekolah Dasar Di Pilau Barrang Lompo Kota Makassar Tahun 2013. Makkasar. UNHAS.